MATEMATIKA

Sabtu, 26 November 2011

SISTEM BILANGAN

Sistem bilangan numerik adalah sebuah simbol atau kumpulan dari simbol yang merepresentasikan sebuah angka. Numerik berbeda dengan angka. Simbol "11", "sebelas" and "XI" adalah numerik yang berbeda, tetapi merepresentasikan angka yang sama yaitu sebelas.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_bilangan

Mesir Kuno
Mesir kuno memiliki pemahaman pecahan, namun mereka tidak menulis pecahan sederhana seperti 3 / 5 atau 4 / 9 karena pembatasan dalam notasi. Juru tulis Mesir menulis pecahan dengan pembilang dari 1. Mereka menggunakan tulisan rahasia yang "Mulut terbuka" di atas untuk menunjukkan jumlah timbal balik nya. Angka 5, ditulis , Sebagai pecahan 1 / 5 akan ditulis . Ada beberapa pengecualian. Ada tulisan rahasia khusus untuk 2 / 3, , Dan beberapa bukti bahwa 3 / 4 juga memiliki tulisan rahasia khusus. Semua fraksi lainnya ditulis sebagai jumlah dari pecahan unit. Misalnya 3 / 8 ditulis sebagai 1 / 4 + 1 / 8.
Sistem Maya  
Sistem nomor Maya tanggal kembali ke abad keempat dan kira-kira 1.000 tahun lebih maju daripada orang Eropa waktu itu. Sistem ini adalah unik untuk sistem saat ini desimal kami, yang memiliki basis 10, dalam bahwa Maya itu menggunakan sistem vigesimal, yang memiliki basis 20. Sistem ini diyakini telah digunakan karena, sejak itu Maya tinggal di seperti iklim yang hangat dan jarang ada kebutuhan untuk memakai sepatu, 20 adalah jumlah jari tangan dan kaki, sehingga membuat sistem yang bisa diterapkan. Oleh karena itu dua penanda penting dalam sistem ini adalah 20, yang berhubungan dengan jari tangan dan kaki,, dan lima yang berkaitan dengan jumlah digit pada satu tangan atau kaki.
Sistem Maya menggunakan kombinasi dari dua simbol. (.) Sebuah titik digunakan untuk mewakili unit (satu sampai empat) dan tanda strip (-) digunakan untuk mewakili lima. Diperkirakan bahwa Maya mungkin telah menggunakan sempoa karena penggunaan simbol-simbol mereka, dan karena itu, mungkin ada hubungan antara suku-suku Amerika Jepang dan tertentu (Ortenzi, 1964). Itu sudah Maya menulis jumlah mereka secara vertikal sebagai lawan horizontal dengan denominasi terendah di bagian bawah. Sistem mereka didirikan sehingga nilai lima tempat pertama didasarkan pada kelipatan 20. Mereka 1 (20 0), 20 (20 1), 400 (20 2), 8.000 (20 3), dan 160.000 (20 4). Dalam bentuk bahasa Arab kita menggunakan nilai tempat dari 1, 10, 100, 1.000, dan 10.000. Sebagai contoh, jumlah 241.083 akan tahu dan ditulis sebagai berikut:

Maya
Nomor
Nilai Tempat Nilai desimal
1 kali 160.000 = 160.000
8.000 10 kali = 80.000
2 kali 400 = 800
14 kali 20 = 80
3 kali 1 = 3

Nomor ini ditulis dalam bahasa Arab akan 1.10.2.14.3 (McLeish, 1991, hal 129).
Para itu Maya juga yang pertama untuk melambangkan konsep apa-apa (atau nol). Simbol yang paling umum adalah bahwa shell () tapi ada beberapa simbol lainnya (misalnya kepala). Sangat menarik untuk mengetahui bahwa dengan semua matematikawan besar dan ilmuwan yang di dalam Yunani kuno dan Roma, itu adalah Indian Maya yang independen datang dengan simbol yang biasanya berarti penyelesaian sebagai lawan nol atau tidak. Di bawah ini adalah visual dari nomor yang berbeda dan bagaimana mereka akan telah ditulis:

Dalam tabel di bawah ini diwakili beberapa nomor Maya. Kolom kiri memberikan setara desimal untuk setiap posisi nomor Maya. Ingat angka dibaca dari bawah ke atas. Di bawah setiap nomor Maya setara desimal.
8,000




400

20
unit

20 40 445 508 953 30,414
Ia telah mengemukakan bahwa counter mungkin telah digunakan, seperti biji-bijian atau kerikil, untuk mewakili unit dan tongkat pendek atau kacang polong untuk mewakili lima. Melalui sistem ini bar dan titik dapat dengan mudah ditambahkan bersama-sama sebagai lawan sistem bilangan seperti Roma, tetapi, sayangnya, tidak ada dari bentuk notasi tetap kecuali sistem nomor yang berhubungan dengan kalender Maya.
Untuk studi lebih lanjut: 360 hari kalender juga datang dari Maya itu yang benar-benar digunakan basis 18 ketika berhadapan dengan kalender. Setiap bulan berisi 20 hari dengan 18 bulan sampai satu tahun. Ini lima meninggalkan hari pada akhir tahun yang merupakan bulan di sendiri yang dipenuhi dengan bahaya dan nasib buruk. Dengan cara ini, bangsa Maya telah menemukan 365 hari kalender yang berputar di sekitar tata surya.
Sistem Mesir Nomor
Bagaimana kita tahu apa bahasa Mesir nomor adalah? Telah ditemukan pada tulisan-tulisan di dinding batu monumen kuno waktu. Bilangan juga telah ditemukan pada tembikar, plak kapur, dan serat-serat papirus rapuh. Bahasa ini terdiri dari heiroglyphs, tanda-tanda bergambar yang mewakili orang, hewan, tumbuhan, dan nomor.
Orang Mesir menggunakan penomoran tertulis yang berubah menjadi menulis hieroglif, yang memungkinkan mereka untuk dicatat bilangan bulat ke 1.000.000. Ini memiliki basis desimal dan memungkinkan untuk prinsip aditif. Dalam notasi ini ada tanda khusus untuk setiap kekuatan sepuluh. Sebab aku, garis vertikal, karena 10, tanda dengan bentuk U terbalik, untuk 100, tali spiral, untuk 1000, bunga teratai, untuk 10.000, mengangkat jari, sedikit membungkuk, karena 100.000, kecebong , dan untuk 1.000.000, jin berlutut dengan tangan terangkat.
Desimal
Nomor
Mesir
Simbol

1 =
staf
10 =
tulang tumit
100 =
kumparan tali
1000 =
bunga teratai
10.000 =
menunjuk jari
100.000 =
kecebong
1.000.000 =
heran pria
Ini penomoran hieroglif adalah versi tertulis dari sistem penghitungan beton menggunakan benda-benda materi. Untuk mewakili angka, tanda desimal untuk setiap order yang diulang sebanyak yang diperlukan. Untuk membuatnya lebih mudah untuk membaca tanda-tanda mengulangi mereka ditempatkan dalam kelompok dua, tiga, atau empat dan disusun secara vertikal.

Sistem Yunani Nomor
Sistem penomoran Yunani itu unik berdasarkan abjad mereka. Alfabet Yunani berasal dari Fenisia sekitar 900 SM Ketika Fenisia menemukan alfabet, itu berisi sekitar 600 simbol. Simbol-simbol mengambil ruang terlalu banyak, sehingga mereka akhirnya mempersempitnya ke 22 simbol. Orang Yunani meminjam beberapa simbol dan membuat beberapa dari mereka sendiri. Tetapi orang Yunani adalah orang pertama yang memiliki simbol terpisah, atau surat, untuk mewakili suara vokal. Kata-kata kita sendiri "alfabet" berasal dari dua huruf pertama, atau nomor dari alfabet Yunani - ". Beta" "alpha" dan Menggunakan huruf alfabet mereka memungkinkan mereka untuk menggunakan simbol-simbol dalam versi yang lebih kental dari sistem lama mereka, yang disebut attic. Sistem Loteng adalah serupa dengan bentuk-bentuk lain dari sistem penomoran pada zaman itu. Hal ini didasarkan pada simbol berbaris dalam baris dan mengambil banyak ruang untuk menulis. Hal ini tidak mungkin untuk buruk, kecuali bahwa mereka masih menjadi tablet-tablet batu ukiran, dan simbol-simbol alfabet memungkinkan mereka untuk cap nilai pada koin dalam versi lebih kecil, lebih kental.
Loteng simbol
= 500
= 100
= 10
= 5
= 1
Sebagai contoh, mewakili nomor 849
Alfabet Yunani asli terdiri dari 27 huruf dan ditulis dari kiri ke kanan. 27 surat ini membentuk 27 simbol utama yang digunakan dalam sistem mereka penomoran. Kemudian simbol khusus, yang digunakan hanya untuk matematika Vau, koppa, dan sampi, menjadi punah. Alfabet Yunani Baru saat ini hanya menggunakan 24 huruf.

Sistem Nomor Babel
Babel tinggal di Mesopotamia, yaitu antara sungai Tigris dan Efrat. Mereka mulai sistem penomoran sekitar 5.000 tahun yang lalu. Ini adalah salah satu sistem penomoran tertua. Matematika pertama dapat ditelusuri ke negara kuno Babel, selama milenium ketiga SM Tabel adalah prestasi Babel yang paling menonjol yang membantu mereka dalam masalah menghitung.
Salah satu tablet Babel, Plimpton 322, yang tanggal dari antara tahun 1900 dan 1600 SM, berisi tabel Pythagoras tiga kali lipat untuk persamaan a 2 + b 2 = c 2. Saat ini di museum Inggris.
Nabu - rimanni dan Kidinu adalah dua yang hebat matematika hanya dikenal dari Babilonia. Namun, tidak banyak yang diketahui tentang mereka. Sejarawan percaya Nabu - rimanni hidup sekitar 490 SM dan Kidinu hidup sekitar 480 SM.
Sistem angka Babilonia dimulai dengan penghitungan tanda seperti sebagian besar sistem matematika kuno itu. Orang Babel mengembangkan bentuk tulisan berdasarkan runcing. Runcing berarti "bentuk irisan" dalam bahasa Latin. Mereka menulis simbol-simbol ini pada tablet tanah liat basah yang dipanggang di bawah terik matahari. Ribuan tablet tersebut masih ada saat ini. Babel menggunakan penata gaya untuk menanamkan simbol di lapangan tanah liat sejak garis lengkung tidak bisa ditarik.
Orang-orang Babel memiliki sistem nomor sangat maju bahkan untuk standar saat ini. Ini adalah basis 60 sistem (sexigesimal) bukan basis sepuluh (desimal). Basis sepuluh adalah apa yang kita gunakan saat ini.
Babel dibagi hari ke dua puluh empat jam, setiap jam ke enam puluh menit, dan setiap menit sampai enam puluh detik. Bentuk menghitung telah bertahan selama empat ribu tahun.
Setiap jumlah kurang dari 10 memiliki irisan yang menunjuk ke bawah.
Contoh: 4
Nomor 10 itu disimbolkan dengan baji menunjuk ke kiri.
Contoh: 20
Angka kurang dari 60 dibuat dengan menggabungkan simbol 1 dan 10.
Contoh: 47
Seperti dengan sistem penomoran kami, unit sistem penomoran Babilonia dimanfaatkan, yaitu puluhan, ratusan, ribuan.
Contoh: 64
Namun, mereka tidak memiliki simbol untuk nol, tetapi mereka tidak menggunakan ide dari nol. Ketika mereka ingin mengungkapkan nol, mereka hanya meninggalkan ruang kosong dalam jumlah mereka menulis.
Ketika mereka menulis "60", mereka akan menempatkan tanda irisan tunggal di tempat kedua angka tersebut.
Ketika mereka menulis "120", mereka akan menempatkan dua tanda ganjalan di tempat kedua.
Berikut adalah beberapa contoh nomor lebih besar.

Contoh: 79883


(22 * 602 2) + (11 * 60) +23


Contoh: 5220062


(24 * 60 3) + (10 * 60 2) + (1 * 60) + 2     
http://www.math.wichita.edu/history/topics/num-sys.html


                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar